Jumat, Juni 08, 2007

LINTASAN INGATAN


Sudah menjadi suatu rahasia lagi jika aku memang menjadi ga rasional ketika berhadapan dengan kondisi yang membuat aku panik. Tidak perlu sesuatu yang besar untuk membangkitkan perasaan panik itu. Cukup terlintas dalam pikirku lintasan ingatan entah apapun yang tiba-tiba teringat. Tak peduli sedang apa aku, saat ngobrol, buang hajat di kamar mandi sampai yang paling parah lintasan-lintasan itu muncul ketika aku sedang sholat.
Tanpa maksud berpura-pura seringkali bahkan sering membuat aku menjadi lupa akan apa yang sedang aku kerjakan saat ini. Seperti waktu sholat jumat tadi, andai saja ingatan tersebut tidak melintas mungkin sholatku akan menjadi lebih khusyuk. Dan mau tahu ingatan tentang apakah itu? Sebuah buku, sudah aku cari kemana-mana tapi tak kutemukan juga. Sholat jumat sudah sampai rakaat kedua seperti ada yang memberi tahu kalau buku itu dipinjam salah seorang temanku. Ah.. so, dan itu benar adanya.
Sebenarnya aku harus merubah ini. Mengikarinya kemudian lepas landas untuk mengilangkan lintasan yang tak aku inginkan ini. Mulai dari mana? Menelisik kedalam benak, mencari kebar tentang terapi yang tepat. Agar keseimbangan konsentrasiku tetap terjaga.
Apakah yang aku alami ini normal. Bisa ia bisa tidak. Jika intesitasnya terlalu sering mungkin aku bisa dikaragorikan schzoprenik. Mendapat kepuasan hanya dengan ilusi dan bayangan. Pada perenungan yang tak ngelantur menjadi melamun, ini sah saja bukan. Merenung mencari dalam sudut hati tentang keniscayaan kebenaran.

Tidak ada komentar: